Prodi AFI Kenalkan Budaya Akademik ke Mahasiswa Baru Tahun 2023


PBAK pada program studi Aqidah dan Filsafat Islam tahun 2023

Rabu, 30 Agustus 2023. Pada Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun 2023 Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam UIN Raden Intan Lampung telah menerima sebanyak 37 orang mahasiswa baru. Para mahasiswa baru tersebut telah melakukan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tingkat universitas pada Selasa, 29 Agustus 2023 secara hybrid. Adapun PBAK tingkat fakultas dan prodi dilangsungkan pada hari Rabu, 30 Agustus 2023 di halaman utama Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, dan dilanjutkan ke gedung prodi masing-masing pada jam 10.00 WIB.

Bertempat di Gedung Abdurrahman Wahid (AW) lantai II ruang AW6, Jajaran Pengurus Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam, dosen, dan alumni mengenalkan budaya akademik yang berlaku di prodi AFI kepada para mahasiswa baru AFI angkatan 2023. Drs. A. Zaeny, M.Kom. I selaku ketua program studi menyampaikan hal-hal terkait visi misi prodi, bagaimana proses perkuliahan yang nantinya akan diikuti oleh para mahasiswa baru, dan memperkenalkan para dosen yang ada di prodi AFI.

Selanjutnya ada selayang pandang kiprah alumni yang disampaikan oleh Sulistiawati, M.Ag. Alumni AFI angkatan 2009 ini menyampaikan tentang kegalauan dan tantangan yang dihadapi olehnya selama masa perkuliahan dulunya. Tak lupa dia menyampaikan bahwa belajar filsafat merupakan belajar yang sesungguhnya, belajar menjadi pemikir dan pencipta lapangan pekerjaan.

Ditengah berlansungnya kegiatan keprodian, para pimpinan FUSA menyambangi dan menyapa para mahasiswa baru prodi AFI. Pimpinan fakultas menyampaikan apresiasi atas kelancaran acara dan menyemangati para maba untuk terus mengikuti rangkaian acara dengan maksimal.

Menjelang waktu ishoma (istirahat, sholat, dan makan) materi disampaikan oleh Muhtadin, S.Fil.I, M.Ag. Dengan penuh semangat dosen muda prodi AFI ini menyampaikan dalil-dalil yang bersumber dari Al-QurĂ¡n untuk belajar filsafat, untuk menjadi pemikir. “Diluar sana banyak hal-hal negatif, hal tidak baik yang dialamatkan kepada filsafat, kepada orang yang belajar filsafat, namun yakinlah hal tersebut itu tidak benar. Selama belajar di prodi AFI adik-adik mahasiswa baru akan melihat dan akan menjadi pembela kebenaran tersebut” demikian tandasnya.

Di akhir sesi, sekprodi AFI, Nofrizal, M.A. mengenalkan beberapa website yang mesti diketahui oleh mahasiswa baru. “Pertama website universitas pada laman https://www.radenintan.ac.id, selanjutnya website fakultas pada laman https://www.ushuluddin.radenintan.ac.id, dan tentunya website prodi pada laman https://www.afi.ushuluddin.radenintan.ac.id. Melalui ketiga laman website tersebut tentunya informasi terkini akan dengan mudah diketahui oleh para mahasiswa. Mahasiswa bisa mendapatkan informasi terkait beasiswa, event dan kegiatan lomba mahasiswa, prestasi kampus, dan berbagai hal yang disajikan lainnya”. Sebagai penutup kegiatan PBAK keprodian dilakukan foto bersama dengan seluruh mahasiswa baru angkatan 2023, panitia dari HMPS AFI, dan Kaprodi, Sekprodi serta dosen-alumni.