Day-2 Penyusunan Kurikulum OBE (Outcome Based Education) Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam


Jumát, 25 Agustus 2023. Hari kedua workshop penyusunan kurikulum OBE Prodi Aqidah dan Filsafat Islam diisi dengan praktik penyusunan atau pengembangan kurikulum yang berparadigma OBE oleh dosen-dosen prodi dengan arahan langsung Dr. Imam Iqbal selaku narasumber.

Adapun tahapan perancangan dokumen kurikulum yang akan dilakukan sebagai berikut;
A. Merumuskan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
1. Menetapkan profil lulusan
2. Menetapkan kemampuan yang diturunkan dari profil
3. Merumuskan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

B. Menentukan mata kuliah
1. Memilih bahan kajian dan materi pembelajaran
2. Menetapkan mata kuliah
a. Menetapkan mata kuliah dari hasil evaluasi kurikulum
b. Menentukan mata kuliah berdasarkan CPL
3. Menetapkan besarnya bobot sks mata kuliah

C. Penyusunan Organisasi Mata Kuliah dalam Struktur Kurikulum

Perumusan dan penyusunan kurikulum berparadigma OBE pada tahun 2023 ini melibatkan unsur dosen prodi, yaitu Drs. A. Zaeny, M.Kom.I, Dra. Hj. Yusafrida Rasyidin, M.Ag, Fauzan, M.Ag, Nofrizal, M.A., Muhtadin, S.Fil.I., Nesia Muásyara, M.Ag, Akbar Tanjung, M.Ag, Agus Defriyanto, M.Ag, Khoirunnisa, M.Ag, Sulistiawati, M.Ag. Kegiatan ini juga didampingi secara aktif oleh Ketua Panitia OBE Fakultas, Agung Muhammad Iqbal, M.Ag, Wakil Dekan I FUSA, Dr. Suhandi, M.Ag dan tentunya Dekan FUSA, Dr. Ahmad Isnaeni, MA.

Selain melibatkan dosen dan pimpinan fakultas, tim OBE AFI juga mengikutsertakan mahasiswa dan alumni dalam penyusunan kurikulum berparadigma OBE ini. Diharapkan dengan kehadiran berbagai kalangan bisa membuat dan menghasilkan kurikulum yang lebih baik, sesuai dengan tuntutan zaman dan arah pendidikan tinggi yang telah dicanangkan oleh pemerintah.