VISITING LECTURE


Selasa 15 Agustus 2023, Prodi Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung menyelenggarakan seminar International Visiting Lecture yang dimentori oleh Prof. Dr. Irina R. Katkova St. petersburg yang berasal dari Negara Russia dengan judul pembahasan “Some Notes On The History Of Studying Al-Qur’an in Russia” , Seminar Visiting Lecture diselenggarakan ditempat Theater Room Lantai II, Gedung Academic and Research Center UIN Raden Intan Lampung. Visiting lecture adalah sebuah kuliah tamu yang mengundang Narasumber dari pihak luar serta melibatkan Mahasiswa untuk ikut serta dalam acara tersebut guna mendapatkan ilmu baru.

Pada seminar visiting lecture kali ini di hadiri oleh mahasiswa Aqidah dan Filsafat Islam angkatan 2022 dan mahasiswa dari fakultas ushuluddin dan studi agama, dengan tema dan pembahasan di atas mengenai History Of Studying Al-Qur’an in Russia, Prof. Dr. Irina R. Katkova St. petersburg menyampaikan bahwa ada beberapa wilayah populasi muslim di russia ialah:

•Tatars in Volga Region (capital of Tatarstan –Kazan), in Crimea, Siberia (Omsk).

•Bashkirs in Ural Bashkiria..

•Nationalities of Northern Caucasus: Chechnya (Grozniy), Dagestan (Derbent, Mahachkala), Karachaevo-Cherkesiya, Kabardino-Balkaria (Nalchik), Adigeya (Sochi).

•Former Soviet territories (before 1991) –Azerbaidjan, Uzbekistan, Tadjikistan, Kazahstan, Turkmenia.

Dan ada beberapa history Artefak Al Quran kuno yang diperlihatkan oleh narasumber yaitu Fragment, of Al Quran in Kufi Scrip, Fragment of Al Quran in eastern kufi XI-XII centuries iran, folios of Al Quran ms in naskh script collection of K. Faberge dan masih banyak lagi artefak-artefak yang dijelaskan oleh narasumber. Seminar Visiting Lecture pada kali ini ditutup dengan membuka forum tanya jawab mengenai sejarah A Quran di Negara Russia ada 3 Audiens yang bertanya dan seminar visiting lecture kali ini para audiens sangat berantusias dalam memperhatikan dan memahami apa yang disampaikan oleh narasumber.

(AUFIMAS)

https://ushuluddin.radenintan.ac.id/