Implementasikan Visi Internasionalisasi, Prodi Aqidah dan Filsafat Islam Gelar Seminar Internasional !


Bandar Lampung, 14 Agustus 2023
Bertempat di Theater Room Lt. II Gedung Academic and Research Center UIN Raden Intan Lampung, telah diselenggarakan kegiatan Seminar Internasional yang diprakasai oleh Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam.
Seminar Internasional dengan tema “School of Islamic Thought in Southeast Asia” disampaikan oleh Prof. Dr. Irina Katkova, Fellow-Researcher dari St. Petersburg Institute of Oriental Studies. Prof. Irina menyampaikan hasil riset dan pandangannya terkait dominasi tasawuf dan para sufi di Nusantara pada abad XVI – XVII Masehi.

Salah satu tokoh yang mendapat perhatian cukup besar dari Prof. Irina adalah seorang sufi asal Palembang, Äbd al-Samad al-Palimbani (ca. 1704 – 1789 M). Beliau menyampaikan bahwa “Äbd as-Samad telah menghabiskan hampir seluruh hidupnya dengan mencari ilmu di tanah Arab – terutama di Mekkah dan Medina, tetapi ia juga pernah mengunjungi Yaman untuk mencari ilmu pada ulama besar disana”. Karya Abd as-Samad yang utama Hidayat al-Salikin dan Sair as-Salikin sebagian besar merupakan terjemahan karya al-Ghazali, meski di dalamnya Abd as-Samad mencantumkan ajaran tarekat Sammaniyah. Hidayat mengandung uraian tentang cara berdzikir, sedangkan dalam Sair dia memberikan informasi menarik tentang lingkungan intelektual Syaikh as-Samman dan kitab-kitabnya.

Sebagai penutup, Prof. Irina menyampaikan bahwa “Selain tasawuf Abd as-Samad al-Palimbani juga mendalami ilmu-ilmu fiqh, isnad-isnad kitab tasawuf yang diterbitkan oleh Syaikh Yasin. Hampir semuanya menyebut nama Syaikh Abd as-Samad al-Palimbani dan sebagai mata rantai berikutnya Syaikh Nawawi al-Bantani”.

Narasumber berikutnya Guru Besar Tasawuf UIN RIL, Prof. Dr. H. M. Afif Anshori, M.Ag. menyampaikan hasil kajiannya dengan tema “Kontribusi Sufisme dalam Perawatan Paliatif”. Inti penyampaian beliau terkait “Bagaimana Bimbingan Sufistik Perawatan Paliatif” yang dijabarkan melalui tingkatan berikut: Taubat – Wara’ – Zuhud – Faqr – Shabr – Tawakal – Ridha, atau yang biasa dihafal dalam ringkasan “TaWaZuFaSaTaRa”.