KULIAH PRAKTISI


(Peran Tasawuf Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara)

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, ilmu tasawuf sangat berperan penting untuk mengkokohkan Ihsan manusia yang berakhlak kul karimah, Manusia yang berbangsa merupakan manusia berakhlak mulia, Bermoral dan Beretika untuk mewujudkan makna kesatuan dan persatuan bangsa dan negara. Pancasila merupakan Ideologi negara indonesia yang memiliki 5 poin penting salah satunya ialah ketuhanan yang maha esa atau hubungan tauhid Antara manusia dan tuhan, ketika manusia sudah mengenal dan mengerti akan kehendak-kehendak yang di inginkan oleh tuhannya maka manusia akan memiliki Akhlak dan nilai Moralitas yang sangat baik dalam berbangsa dan bernegara. Oleh karna itu Untuk meningkatkan dan mengkokohkan nilai-nilai tersebut Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Prodi Aqidah dan Filsafat Islam telah Mengadakan Perkuliahan praktisi yang bertujuan Untuk mensucikan jiwa dan pikiran, agar mahasiswa terkhusus prodi Aqidah dan Filsafat Islam memiliki nilai-nilai keutamaan dalam berperilaku berbangsa, dan bernegara.

Pada kegiatan ini dihadiri oleh Civitas Akademik Prodi Aqidah dan Filsafat Islam dan Mahasiswa Prodi Aqidah dan Filsafat Islam Angakat 2021 dan 2022. Acara Ini di pandu langsung oleh Bapak Gesit Yudha Puji Arsono, S.Fil.I, M.I.P. selaku penanggung jawab Atas kelancaran Acara Tersebut, dan menghadirkan pemateri Yaitu Al Ustadz Redi Rinaldi dari Ma’had Ponpes Al Hanif Lampung selaku Narasumber pemateri Tasawuf. Bapak Gesit Yudha Puji Arsono, S.Fil.I, M.I.P. mengatakan Bahwa ” Untuk kedepannya Pihak Fakultas Ushuluddin akan mengadakan kesepakatan kerja sama antara pihak Fakultas ushuluddin dan studi agama dengan Ma’had Ponpes Al Hanif Lampung dengan tujuan Agar mempererat tali silahturahmi dan meningkatkan mutu akademik dan saling menguntungkan antara keduanya.

Acara ini bertemakan ” Peran Tasawuf dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara “. Al Ustadz Redi Rinaldi mengatakan bahwa ” Kita harus menanamkan di dalam hati kita Keimanan yang dimana setiap yang kita lewati didalam kehidupan ini adalah kehendak Allah SWT, Kenali diri Kita sendiri Maka kita akan mengenal Allah SWT. Tuhan Memerintahkan Manusia untuk mengenali dan memahami Agama Islam Secara mendalam ( Kaffah ), dalam bahasa kaffah artinya Sempurna Yakni Sempurna dalam Islam, Iman, dan Ihsan. Ilmu Tasawuf merupakan Ilmu yang berfungsi untuk mengkokohkan Ihsan manusia agar memiliki Nilai Moralitas yang baik dalam berprilaku berbangsa dan bernegara. Pembahasan ini Cukup menarik sehingga Para audience sangat berantusias dalam mengeluarkan Argumentnya, Ada beberapa pertanyaan yang di lontarkan oleh para Audience Salah satu nyaa yaitu pertanyaan dari Saudari Melsi Rosalia mahasiswa AFI 2021 ” Bagaimana Solusi Untuk mengatasi Orang-orang yang beragama islam tetapi tidak paham akan Hakikat Islam ? ” Al Ustadz Redi Rinaldi Mengakatakan ” Solusi Untuk permasalahan akan hal tersebut yaitu kembali ke diri kita masing untuk bermuhasabah untuk Menyempurkan Keislaman kita dan meningkatkan Iman serta Taqwa kita kepada Allah SWT.

Acara ini di akhiri dengan Foto Bersama Dan penyerahan Cindramata yang diserahkan dari pihak civitas akademik prodi Aqidah dan Filsafat islam ke Al Ustadz Redi Rinaldi dari Ma’had Ponpes Al hanif Lampung, Dengan Harapan Acara seperti ini dapat terus di laksanakan agar dapat menambah Wawasan Pengetahuan Mengenai Tasawuf.

(AUFIMAS)

https://ushuluddin.radenintan.ac.id