KAFILAH AFI-2 1443H


Bandar Lampung, 20 Ramadhan 1443H bertepatan 21 April 2022M, Prodi Aqidah dan Filsafat Islam telah melaksanakan kajian rutin KAFILAH bagian 2 dengan tema: Pemeliharaan Lingkungan Hidup dalam Islam. Materi kajian kali ini merupakan lanjutan dari tema sebelumnya, disampaikan oleh Bapak Dr. Ali Murtadho, M.S.I. yang merupakan Dosen Matakuliah Islam dan Lingkungan Hidup Fakultas Tarbiyah UIN Raden Intan Lampung.

Pada sesi kedua ini, Pemateri yang menjabat sebagai Ketua Program Studi Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam FTIK UIN RIL ini menyampaikan bahwa “Allah SWT telah memberikan fasilitas daya dukung lingkungan bagi kehidupan manusia. Oleh sebab itu menjaga kelestarian lingkungan alam merupakan bagian dari akhlak mulia yang harus diterapkan oleh seluruh umat manusia. Hal ini untuk menjaga keberlangsungan kehidupan didunia, menjauhkan kerusakan dan bencana yang terjadi akibat ulah dari sebagian manusia yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu Hukum menjaga dan memelihara lingkungan itu adalah wajib”.

Bertindak sebagai moderator pada KAFILAH Sesi-2 ini adalah Ayu Octyana, Ketua HMPS AFI 2021/2022. Dalam penutup kajian moderator menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk kalangan millenial, khususnya mahasiswa dan alumni Prodi Aqidah dan Filsafat Islam. Harapannya agar keberlanjutan acara serupa dapat hadir dalam rangkaian kajian selanjutnya. (NZ.FU)