KAFILAH AFI 1443H


KAjian FIlsafat LingkungAn Hidup
Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam
Tahun 1443H

Menyemarakkan syiar Ramadhan 1443H ini Prodi Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung mengadakan kajian online dengan tema KAjian FIlsafat LingkungAn Hidup disingkat KAFILAH. Kegiatan ini akan berlangsung pada setiap hari kamis selama bulan suci Ramadhan, dimulai pukul 16.30-17.30 WIB melalui media zoom cloud meeting. Peserta pada kegiatan ini terdiri mahasiswa Prodi Aqidah dan Filsafat Islam dan terbuka untuk umum. Acara perdana KAFILAH dimulai pada hari kamis tanggal 14 april 2022, sebagai pembicara Dr. Ali Murtadho, M.S.I. dengan tema “Krisis dan Bencana Lingkungan Hidup Global: Apa yang harus umat muslim lakukan ?”

Kegiatan ini dibuka oleh bapak Drs. A. Zaeny, M.Kom.I selaku Ketua Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam, yang dalam sambutannya beliau mengatakan sangat bersyukur dan bangga dengan kegiatan syiar ramadhan tahun ini. Beliau menghimbau agar para peserta bisa mengikuti kegiatan ini dengan seksama dan menjadi agen-agen penjaga kelestarian lingkungan kedepannya. Selain beliau juga mengucapkan terimakasih kepada tim Prodi dan HMPS AFI sudah bekerja untuk kelancaran kegiatan ini.

Pada kesempatan ini Dr. Ali Murthado, M.S.I selaku pembicara memulai kajiannya dengan mengajak peserta untuk merenungi Ayat Al-Qurán Surat Ar-Rum ayat 41-42. “… ayat ini secara tegas menyatakan bahwa telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan perbuatan manusia. sekarang mari perhatikan kerusakan lingkungan disekitar kita berupa deteriorasi lingkungan dengan hilangnya sumber daya air, udara, dan tanah; kerusakan ekosistem dan punahnya fauna liar.”

Kajian berjalan dengan penuh hikmat dan para peserta juga antusias untuk bertanya. Dalam penutup kajian, Lalu Sakti Al Pasha selaku moderator menyampaikan ulang pesan utama dari pembicara yaitu ” …, KITA MASIH HARUS MERAWAT BUMI !!”